Senin, 27 Desember 2010

laporan observasi Yayasan Nurul Falah (MON)


BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG OBSERVASI
Proses pembelajaran dalam pengembangan suatu kajian keilmuan, haruslah disertai dengan adanaya berkesinambungan antara dasar nilai teoritis yang kemudian ditunjang dengan analisis lapangan di dunia nyata, sehingga akan menghasilkan keilmuan yang sesuai dengan kebutuhan yang ada.
Disamping itu, alangkah lengkapnya apabila semua pengkajian direlevansikan dengan kondisi obyektif lapang karena pada prinsipnya setiap kebutuhan akan berkembang dan seirama dengan permasalahannya.
Salah satu permasalahan yang dimaksud diatas adalah persoalan pengkajian Organisasi Nirlaba yang selama ini dianggap sebagai wilayah penyelesaian persoalan umat, khususnya umat Islam, dan diantara pengakajian Manajemen Organisasi Islam yaitu pendidikan, potensi zakat, dan lain sebagainya. Sehingga dari potensi inilah muncul lembaga-lembaga Swadaya Masyarakat yang memposisikan untuk lebih focus dalam mengelola secara simbiosis mutualisme potensi Organisasi Nirlaba terutama dari segi pendidikan.
Berangkat dari analisa tersebut diatas, sebagai langkah nyata untuk menghasilkan keilmuan yang sesuai dengan kebutuhan maka dengan ini saya melakukan observasai dibidang kajian Manajemen Organisasi Nirlaba (MON), yang selama ini kami melakuakan pengkajian secara teoritis di bangku kuliah, dan sebagai proses pengembangan untuk menunjang kesinambuangan antara teori dan analisa lapangan, maka kami di tugaskan oleh pembimbing untuk langsung mencari informasi, berupa  data secara akurat dari suatu objek yang berkaitan dengan kajian ke ilmuan Manajemen Organisasi Nirlaba, di sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat Yayasan Nurul Falah

B.    PERUMUSAN MASALAH OBSERVASI
Dari latar belakang observasi yang telah diuraikan diatas, maka muncul perumusan masalah yang berkaitan dengan informasi yang dibutuhkan dari obyek observasi (Yayasan NUrul Falah), antara lain:
1.     Profil singkat, Visi, dan Misi Yayasan Nurul Falah
2.     Legitimasi (badan Hukum Lembaga) Yayasan Nurul Falah
3.     Model Penyaluran Program Yayasan Nurul Falah
4.     Program-program Yayasan Nurul Falah

C.    METODE OBSERVASI
Metode yang diguanakn dalam Observasi ini adalah dengan wawancara langsung, yakni dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang kemudian secara langsung di jawab oleh pihak responden (Lembaga), serta memperhatikan secara langsung kondisi di lapangan.

D.    TUJUAN OBSERVASI
1.     Sebagai pemenuh tugas Ujian Akhir Semester perkuliahan berbobot praktik pada mata kuliah Manajemen Organisasi Nirlaba (MON) di Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SGD Bandung
2.     Sebagai proses penyeimbang antara kajian teori dengan praktik lapangan
3.     Sebagai sarana pengembangan keilmuan khususnya dibidang Manajemen Organisasi Nirlaba
4.     Untuk menambah khasanah keilmuan khususnya dibidang Manajemen Organisasi Nirlaba.

E.    KETENTUAN  PENGGUMPULAN DATA OBSERVASI
1.     Pihak Obesrvator (Mahasiswa) bersedia mlengkapi persyaratan administrasi yang telah ditentukan dan disepakati oleh pihak Responden (Yayasan Nurul Falah)
2.     Pihak Responden (Yayasan Nurul Falah) berhak mengajukan Keberatan pada saat observasi berlangsung, seperti  bentuk pertanyaan yang diajukan, atau yang lainnya
3.     Setelah selesainya kegiatan Observasi, maka pihak Observator berhak mendapatkan Surat Keterangan dari pihak Responden (Yayasan Nurul Falah) sebagai tanda bukti bahwa pihak obsevator telah melakukan observasi
4.     Apabila jawaban yang meski di uraikan oleh pihak Responden panjang boleh dikirim langsung melalui email Observator (miasoemiyati@yahoo.co.id)





















BAB II
RUANG LINGKUP LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT YAYASAN NURUL FALAH




Rounded Rectangle: PROFILE LEMBAGA
 


1.     Sejarah Yayasan Nurul Falah
Yayasan Nurul falah didirikan pada tanggal 17 Agustus tahun 2004 oleh sekelompok pemuda-pemudi, orangtua, relawan yang peduli terhadap perkembangan masyrakat baik anak-anak, remaja maupun dewasa, dalam pendidikan, sosial, akhlak dan moral. Yang dikoordinir oleh H. Tatang Sopian, S.Ag.
Yayasan ini merupakan Lembaga Swadaya Masyarakat non-profit yang bergerak dalam bidang pendidikan, khususnya dalam bidang pendidikan agama dan Bidang seni al-Qur’an pada anak-anak, remaja, maupun dewasa yang mengalami masalah kesulitan belajar pada bidang tersebut. Selain itu juga mengadakan kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial, mengadakan majlis Ta’lim, dan melayani keluhan-keluhan masyarakat tentang pendidikan agama  maupun yang lainnya semaksimal mungkin.           
Pada awalnya, yayasan ini hanya membentuk Majlis Ta’lim Nurul Falah. Kemudian berkembang dengan mendirikan pendidikan agama untuk anak-anak, juga pengajian-pengajian untuk remaja lainnya.
Pak Tatang sendiri mengatakan bahwa “yayasan ini didirikan karena melihat lingkungan masyarakat yang kurang peduli terhadap pendidikan agama, moral, akhlak, Al-Qur’an dan lain sebagainya. Saya ingin mengembangkan kualitas agama maupun kualitas lainya untuk masyarakat sekitarnya. Dan Alhamdulillah sampai sekarang aktivitas belajar mengajar, pengajian dan lain sbagainya berjalan dengan lancar. Juga berkembang dengan baik, dan masyarakat pun bisa menerima keadaan Yayasan Nurul Falah ini dengan tangan terbuka. Meskipun pada awal berdirinya yayasan ini kebanyakan yang menentang dan tidak setuju. Namun perlahan-lahan masyarakat juga bisa menerima Yayasan Kami”.

2.     Nama dan legalitas Yayasan Nurul Falah
i)      Nama Lembaga
YAYASAN NURUL FALAH
ii)     Legalitas Lembaga
Guna memberikan ruang gerak yang lebih terjamin legalitasnya lembaga akan dibentuk dengan memiliki badan hukum, yakni Yayasan.
3.     Tempat kedudukan dan Wilayah Binaan/ Kerja
i)      Tempat Kedudukan
Yayasan Nurul Falah berkedudukan di Rt.05 Rw. 06 Kelurahan Binong Kecamatan Batununggal.
ii)     Wilayah Binaan/ Kerja
Wilayah Binaan meliputi Kota dan Kabupaten Bandung serta daerah-daerah lainnya di Jawa Barat.
4.     Visi Dan Misi
i)      Visi
Menyebarkan dakwah islam keseluruh lapisan masyarakat guna menghadapi era globalisasi yang penuh dengan persaingan ketat di berbagai aspek dengan tanpa mengesampingkan fitrah manusia.
ii)     Misi
·       Menanamkan sikap moral positif dan dasar-dasar keagamaan yang kuat.
·       Memberikan pendidikan dan keterampilan yang baik bagi seluruh masyarakat yang menjadi binaan agar memiliki bekal yang memadai.



5.     Sasaran Rencana Kegiatan
i)      Sasaran
Kriteria sasaran untuk kegiatan Yayasan Nurul Falah adalah :
·       Seluruh lapisan masyarakat dari mulai Bapak-bapak, Ibu-ibu, anak-anak, anak yatim dan Dhu’afa dan para remaja dll.
ii)     Tujuan
Umum
·       Membangun sebuah sarana pendidikan Pondok Pesantren yang dilengkapi berbagai sarana pendidikan umum, agama dan pelatihan keterampilan yang memadai serta didukung sarana ibadah, asrama dan pusat kegiaatan usaha.
iii)   Bidang Kegiatan
Sosial
·       Melakukan Pembinaan kepada seluruh lapisan masyarakat.
·       Pemberian santunan bagi anak yatim/ dhu’afa.
Pendidikan
·       Menyelenggarakan/ memberikan  pendidikan formal maupun non formal sebaik-baiknya dengan ditunjang berbagai sarana dan prasarana.
Rounded Rectangle: DASAR PEMIKIRAN 



Q.S. An-Nisaa ayat 9 :
|·÷uø9ur šúïÏ%©!$# öqs9 (#qä.ts? ô`ÏB óOÎgÏÿù=yz Zp­ƒÍhèŒ $¸ÿ»yèÅÊ (#qèù%s{ öNÎgøŠn=tæ (#qà)­Guù=sù ©!$# (#qä9qà)uø9ur Zwöqs% #´ƒÏy ÇÒÈ    
“Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan Perkataan yang benar”.
Q.S. Al-Ankabut ayat  69 :
z`ƒÏ%©!$#ur (#rßyg»y_ $uZŠÏù öNåk¨]tƒÏöks]s9 $uZn=ç7ß 4 ¨bÎ)ur ©!$# yìyJs9 tûüÏZÅ¡ósßJø9$# ÇÏÒÈ    
“Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. dan Sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik”.
Q.S. Al-Maa’un ayat 1-3:
 |M÷ƒuäur& Ï%©!$# Ü>Éjs3ムÉúïÏe$!$$Î/ ÇÊÈ   šÏ9ºxsù Ï%©!$# íßtƒ zOŠÏKuŠø9$# ÇËÈ   Ÿwur Ùçts 4n?tã ÏQ$yèsÛ ÈûüÅ3ó¡ÏJø9$# ÇÌÈ  

“Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama?. Itulah orang yang menghardik anak yati. dan tidak menganjurkan memberi Makan orang miskin”.
Rounded Rectangle: LEGALITAS HUKUM (Badan Hukum) 


ü  Majlis Ta’lim            
DEPAG NO: kd.10.19/1/BA.04/718/2008
ü  Taman Kanank-kanak Al-Qur’an (TKQ)
DEPAG NO: kd.10.19/1/BA.004/717/2008
ü  Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ)
DEPAG NO: kd.10.19/1/BA.004/718/2008
ü  MDA Awaliyah
DEPAG NO: kd.10.19/1/PP.088/309/2008
ü  MDA Wustho
DEPAG NO: kd.10.19/1/PP.088/310/2008
ü  MDA Mulya
DEPAG NO: kd.10.19/1/PP.088/311/2008




Rounded Rectangle: Sumber Daya Manusia Lembaga Pendidikan Yayasan Nurul Falah 



DAFTAR SUSUNAN PERSONIL
LEMBAGA PENDIDIKAN NURUL FALAH

Pimpinan                    :.Tatang Sopian.S.Ag
Sekretaris                    : Fahmi Tubagus Ridwan
Bendahara                   : Kokom Komariah S.Ag
Staff Pendidikan         : Mu’min S.Pd
Staff Usaha                 : Ust.Suhendi mahmud Syarif
Stap Pengajar              : Irwan Fuad Stiansyah
                                                : Aji
                                                : Tono
                                                : Ust Dirman
                                                : Sinta
Rounded Rectangle: Program Kegiatan Yayasan Nurul Falah 


1)     Program kegiatan           
Program kegiatan yang diselenggarakan oleh Yayasan Nurul Falah, meliputi:
Ø  Pengajian anak-anak dan Remaja seperti: Keaksaraan Fungsional (KF), Pendidikan anak usia dini (PAUD), Pendidikan Kesetaraan Paket B Plus Keterampilan, Pendidikan Kesetaraan Paket C Plus Keterampilan, Taman kanak-kanak Al Qur’an (TKQ), Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ), Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Seni Baca Qur’an (Qiro’ah, Tasmi’, Tartil, Tajwid Dan Seni)
Ø  Majelis Ta’lim
Kegiatan Majlis Ta’lim Yayasan Nurul Falah biasa dilakukan pada hari Senin, 15.30-17.00 WIB dan hari Minggu, 14.00-15.30 WIB.
Ø  Wisata Rohani
Ø  Sunatan Massal (Donatur Bank BCA, dan donator lainnya)
Ø  Acara Hari-hari Besar, seperti Maulid Nabi Muhammad SAW, Muharam (As-Syura), Isra’ Mi’raj dan lain sebagainya.
2)     Metode Yang Digunakan dalam pendidikan
yayasan nurul falah senantiasa berupaya untuk memperkenalkan metode-metode pendidikan baru yang telah diuji manfaatnya. Tehnik dan metode yang digunakan telah disesuaikan dengan kebutuhan anak, antara lain pendekatan menurut MLE (Mediated Learning Experience), TEACCH (Treatment and Education of Autistic and Communication Handicapped Children), Montessori.
3)     Fasilitas Yayasan Nurul Falah
  • Masjid
  • Ruang belajar
  • Perpustakaan anak
  • Meja dan Kursi
  • White Board
  • Toilet
  • Taman untuk anak-anak dll

4)     Jadwal Kegiatan Belajar Mengajar Yayasan Nurul Falah
No.
Hari
Waktu
Mata Pelajaran
Kelas
1.
Senin
07.00-08.30

16.00-05.30
Fiqih
                 Aqidah Akhlak
Hapalan Do’a-do’a
Hapalan Juz’amma
1
2
1
2
2.
Selasa
07.00-08.30

16.00-05.30
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Quran Hadits
Latihan Qosidah
1
2
Masing-masing kelas
3.
Rabu
07.00-08.30

16.00-05.30
                Aqidah Akhlak
Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)
Praktek Ibadah
1
2
Masing-masing kelas
4.
Kamis
07.00-08.30

16.00-05.30

18.00-20.30
Tarikh Islam
Fiqih
Muhadharah

Yasinan Berjamaah
1
2
Semua santri

Semua santri
5.
Jum’at
07.00-08.30

16.00-05.30

Quran Hadits
Tarikh Islam
Seni Baca Qur’an
1
2
Masing-masing kelas
6.
Sabtu
07.00-08.30

16.00-05.30

18.00-20.30
Hapalan Juz’amma
Hapalan Do’a-do’a
Belajar Tajwid

Belajr Seni Teater
1
2
Masing-Masing kelas
Yang Berminat
Rounded Rectangle: Donatur Yayasan Nurul falah

Adapun para donatur untuk membantu berbagai kegiatan Yayasan Nurul Falah. Wujud bantuan dapat dalam bentuk apa saja dan dari mana saja. Para Donatur ini antara lain:

1.     Bantuan Secara Individual

  • Bantuan berupa sarana dan prasarana untuk menambah atau memperbaiki fasilitas di Yayasan Nurul Falah termasuk
  • Bantuan berupa pemberian mainan-mainan bersifat edukatif untuk menambah perbendaharaan mainan di PERPUSTAKAAN MAINAN kami. Perpustakaan mainan ini ditujukan kepada anak-anak kami yang kurang mampu mengadakan mainannya sendiri untuk kebutuhan proses belajarnya.

2.     Bantuan Dari Institusi atau Perusahaan (Corporate Sponsoring/ CSR)

  • Mendukung kualitas belajar anak melalui program pendidikan untuk para anak-anak di yayasan Nurul falah tentang keagamaan, akhlak, dan seni al-Qur’an.
  • Bahan atau material untuk memperbaiki atau menambah sarana dan prasarana di dalam gedung misalnya Toilet anak, renovasi masjid, dan sebagainya.
3.     Relawan
Para relawan yang dengan rela dan ikhlas untuk bergabung bersama dan turut mengetahui lebih jauh tentang kegiatan Yayasan Nurul Falah. Aktifitas kami yang utama bertujuan untuk membantu anak-anak berkebutuhan khusus dan kami yakin Andapun dapat bergabung untuk sama-sama melakukan sesuatu yang mendukung kegiatan ini, diantaranya adalah:
  • Mensosialisasikan program kerja Yayasan Nurul Falah kepada masyarakat luas, baik lewat acara Basar, pameran, arisan dan lain-lain.
  • Mengumpulkan mainan, buku-buku yang tidak terpakai dan bersifat edukatif (mendidik).
  • Turut serta berkontribusi dalam pemeliharaan gedung Yayasan Nurul Falah.
  • Turut serta berkontribusi dalam segala hal.


Rounded Rectangle: Respon Masyaraakat Terhadap Yayasan Nurul FalahMenurut bapak H. Tatang Sopian, S.Ag selaku pimpinan Yayasan Nurul Falah, respon masyarakat terhadap yayasan Nurul Falah sangat baik, bahkan dengan adanya yayasan ini keadaan masyarakat lebih berkembang dan lebih maju, baik dari segi ilmu keagamaannya, akhlak, moral, tidak lagi buta huruf, seni Al-qur’an (baca, tulis, Qiro’ah, Tasmi’, Tartil, Tajwid Dan Seni Al-Qur’an) dan lain sebagainya.
Karena sebelum adanya Yayasan Nurul Falah, di daerah Binong jati II ini, keadaan masyarakatnya cenderung hedonis, sangat kurang dalam pemahaman ilmu agama, akhlak dan moral. Sehingga masyarakat disana sangatlah minim yang mengetahui agama dan sangat membutuhkan suatu lembaga Swadaya masyarakat yang berbasis pendidikan agama. Dan terbentuklah yayasan Nurul Falah. Di yayasan ini, masyarakat baik anak-anak, kaum muda dan tua di yayasan Nurul Falah ini bisa belajar agama, melalui Keaksaraan Fungsional (KF), Pendidikan anak usia dini (PAUD), Pendidikan Kesetaraan Paket B Plus Keterampilan, Pendidikan Kesetaraan Paket C Plus Keterampilan, Taman kanak-kanak Al Qur’an (TKQ), Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ), Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan Seni Baca Qur’an (Qiro’ah, Tasmi’, Tartil, Tajwid Dan Seni)
Rounded Rectangle: Lampiran dan Dokumentasi 


Lampian 1
 

TKQ NURUL FALAH
 No       :  10.19/1/BA 004/717/2008
No Statistik 612327318013
Jl. Binong Jati II Bandung Tlp. (022) 7336988
 

BIODATA PERORANGAN
STAF PENGAJAR TKQ NURUL FALAH
TAHUN 2008- 2009


Nama                                                  : Kokom Komariah S.Ag
Tempat & Tanggal Lahir                   : Cianjur 3 Maret 1968
Alamat Tempat Tinggal                     : Jl. Binongjati II Rt 05/06 Bandung
Jenis Kelamin                                     : Permpuan
No KTP                                               :
Nama Ibu Kandung                             : Sanjar
Jenjang Pendidikan Terakhir             : S.1
Universitas/Perguruan tinggi             : YAMISA
Mulai bertugas di MD ini                  : 2004
Mata pelajaran yg diajarkan              : PIKIH
Jumlah jam pelajaran Perminggu      : 48 jam

Bandung,8 Juni 2009
TTD

                                                                      
                                                                                    Kokom Komariah S.Ag
Lampiran 2

TKQ NURUL FALAH
 No       :  10.19/1/BA 004/717/2008
No Statistik 612327318013
Jl. Binong Jati II Bandung Tlp. (022) 7336988
 

BIODATA PERORANGAN
STAF PENGAJAR TKQ NURUL FALAH
TAHUN 2008- 2009


Nama                                                  :Tatang Sopian S.Ag
Tempat & Tanggal Lahir                   : Bandung 31 Oktober 1965
Alamat Tempat Tinggal                     : Jl. Binongjati II Rt 05/06 Bandung
Jenis Kelamin                                     : Laki-laki
No KTP                                               :
Nama Ibu Kandung                             :Titing
Jenjang Pendidikan Terakhir             : S.1
Universitas/Perguruan tinggi             : YAMISA
Mulai bertugas di MD ini                  : 2004
Mata pelajaran yg diajarkan              : Quran Hadist
Jumlah jam pelajaran Perminggu      : 48 jam
Bandung,8 Juni 2009
TTD

                                                                      
                                                                                                Tatang Sopian S.Ag




Lampiran 3
TKQ NURUL FALAH
 No       :  10.19/1/BA 004/717/2008
No Statistik 612327318013
Jl. Binong Jati II Bandung Tlp. (022) 7336988
 

BIODATA PERORANGAN
STAF PENGAJAR TKQ NURUL FALAH
TAHUN 2008- 2009


Nama                                                  : Resti Nuraeni
Tempat & Tanggal Lahir                   :  Tasikmalaya 18 November 1989
Alamat Tempat Tinggal                     : Jl. Binongjati II Rt 06/06 Bandung
Jenis Kelamin                                     : Permpuan
No KTP                                               :
Nama Ibu Kandung                             : Saroh
Jenjang Pendidikan Terakhir             : SMA
Universitas/Perguruan tinggi             :-
Mulai bertugas di MD ini                  : 2009
Mata pelajaran yg diajarkan              : Tarikh Islam & Aqidah
Jumlah jam pelajaran Perminggu      : 48 jam
Bandung,8 Juni 2009
TTD


Resti



                       
Lampiran  4

TKQ NURUL FALAH
 No       :  10.19/1/BA 004/717/2008
No Statistik 612327318013
Jl. Binong Jati II Bandung Tlp. (022) 7336988
 

BIODATA PERORANGAN
STAF PENGAJAR TKQ NURUL FALAH
TAHUN 2008- 2009

Nama                                                  : Irwan Fuad Setiansyah
Tempat & Tanggal Lahir                   : Bandung, 21 Mei 1989
Alamat Tempat Tinggal                     : Jl. Binongjati II Rt05/06 Bandung
Jenis Kelamin                                     : Laki-laki
No KTP                                               :
Nama Ibu Kandung                             : Kokom Komariah
Jenjang Pendidikan Terakhir             : Kuliah
Universitas/Perguruan tinggi             : UIN
Mulai bertugas MD ini                       : 2004
Mata pelajaran yg diajarkan              : Seni Baca Qur’an
Jumlah jam pelajaran Perminggu      : 48 jam
Bandung,8 Juni 2009
TTD

                                                                      
                                                                                    Irwan Fuad Setiansyah




Lampiran 5
TKQ NURUL FALAH
 No       :  10.19/1/BA 004/717/2008
No Statistik 612327318013
Jl. Binong Jati II Bandung Tlp. (022) 7336988
 


DATA MURID TKQ NURUL FALAH

            Laki – laki                              : 15 Orang
            Perempuan                              : 15 Orang
            Jumlah                                                : 30 Orang

DATA MURID MDA NURUL FALAH

           
            Laki – laki                              :   7 Orang
            Perempuan                              : 13 Orang
            Jumlah                                                : 20 Orang

            Jumlah seluruh santri             : 50 Orang







Baca selengkapnya »

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Fhu May Zhe 2010

Template By Nano Yulianto